Kurikulum SDIT
profil siswa & pengembangan diri
Pendidikan Qur'ani Berkualitas dengan Kurikulum Terpadu
PQT – SIT Ruhul Jadid berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang seimbang antara intelektual, spiritual, emosional, dan fisik. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, kami menerapkan gabungan antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Khas PQT – SIT Ruhul Jadid.
Kami menerapkan berbagai model pembelajaran untuk membantu santri kami mengembangkan bakat dan minat mereka, termasuk Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Active Learning. Selain itu, kita juga menggunakan metode training, mentoring, dan coaching untuk memandu perjalanan belajar santri. Eksplorasi diri dan pembelajaran langsung dari lapangan juga difasilitasi melalui kegiatan Field Trip. Dan untuk memberikan kembali kepada masyarakat, kami juga mengadakan program Pengabdian Masyarakat.
1. Aqidah yang lurus
Kami memastikan bahwa setiap santriwati memiliki pemahaman yang kuat dan benar tentang aqidah, dengan penekanan khusus pada pemahaman konsep-konsep inti dalam Islam.
2. Pelaksanaan ibadah yang benar
Kurikulum kami mencakup pelajaran praktis dan teoritis tentang pelaksanaan ibadah yang benar sesuai dengan ajaran Islam.
3. Pembentukan kepribadian dan akhlak mulia
Kami menekankan pentingnya pembentukan karakter yang matang dan berakhlak mulia melalui kurikulum kami, dengan penekanan pada nilai-nilai seperti kejujuran, empati, dan kerendahan hati.
4. Disiplin dan penguatan nafsu
Kami membantu santriwati untuk mengembangkan disiplin diri yang kuat dan kemampuan untuk mengendalikan nafsu, agar mereka dapat tumbuh menjadi individu yang brtanggung jawab dan bijaksana.
5. Penguasaan Al-Qur'an
Selain dari mata pelajaran akademik, kami juga menekankan pentingnya penguasaan Al-Qur’an. Kami mengharapkan setiap santriwati mampu membaca, memahami, dan menghafal Al-Qur’an dengan baik, dengan target minimal hafalan 10 juz (reguler) dan 30 juz (HATIQU)
6. Pengembangan wawasan luas
Kurikulum kami dirancang untuk membantu santriwati mengembangkan wawasan yang luas dan pemahaman yang mendalam tentang dunia di sekitar mereka.
7. Keterampilan hidup (life skill)
Kami percaya bahwa pendidikan harus lebih dari sekedar pengetahuan akademik. Oleh karena itu, kami menekankan pentingnya mengembangkan keterampilan hidup yang praktis dan relevan dalam kurikulum kami.